Small Business


Tuesday

Wisata ke Solo

Salah satu objek wisata di Solo, adalah Musium Purbakala Sangiran yang terletak 18 km sebelah utara kota Solo. Musium ini dibangun menempel pada sebuah bukit dan memutar sampai ke puncaknya. Ruang pameran pertama berada dalam sebuah gua yang dibangun berdinding beton dan berisi gambar-gambar awal mula terbentuknya bumi, fosil gigi manusia purba dan tulang-tulang dari hewan purba. Ada pula diorama tentang evolusi manusia dan diorama aktivitas manusia purba.





Kota Solo juga terkenal dengan wisata belanja Batik yang pusatnya ada di Pasar Klewer. Pasar ini merupakan pusat grosir batik yang amat legendaris. Di pasar ini dapat dijumpai berbagai jenis dan model batik dengan harga yang beragam pula. Dari yang seharga belasan ribu, hingga yang berjuta-juta rupiah. Kalau pergi ke Solo, tapi tidak mampir ke pasar ini, agaknya liburan masih kurang lengkap.





Solo juga terkenal dengan wisata kulinernya yang khas, salah satunya adalah gudeg. Ya, di Solo pun ada gudeg sepertihalnya di Yogyakarta. Hanya saja gudeg Solo memiliki rasa yang lebih gurih dari pada gudeg Yogya yang terkenal dengan rasa manisnya. Kreceknya pun lebih pedas dibanding gudeg Yogya.



Biasanya warung-warung gudeg ini buka dari jam 2 dini hari, tapi jangan salah....meski mungkin sebagian orang masih terlelap tidur, sebagian lagi rela antri di warung gudeg.
Wisata kuliner lain yang memiliki cita rasa khas adalah serabi Solo. Bentuknya hampir sama dengan serabi Bandung, hanya saja serabi Solo memiliki bagian yang krispi, kl di Jakarta...mungkin seperti kue Ape yang sering di jajakan di sekolah-sekolah.
Yang paling terkenal adalah serabi Solo Notokusuman, yang mempunyai dua jenis rasa polos dan berisi. Untuk yang polos, serabi disajikan tanpa penambahan rasa pada bagian tengahnya. Sedang yang berisi, dibagian tengahnya ditambahkan coklat, keju atau aneka buah.



Jangan ragu menghabiskan liburan keluarga di Solo, karena semua ada di sini. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja sampai wisata kulinerpun ada.

No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009