Small Business


Sunday

Wisata Kuliner Korea

Yuk Wisata Kuliner Korea!

makanan khas korea

Mau liburan ke Korea?? Gak seru kan kalo liburan tapi kelaparan gara-gara gak ngerti aneka kuliner khas Korea. Atau jalan-jalan ke Korea, tapi nyarinya nasi padang....ehm... Sebagai seorang muslim, berkunjung atau jalan-jalan ke luar negri yang paling banyak menyita waktu dan tenaga adalah mencari makan, atau wisata kuliner. 

Karena perbedaan budaya dan keyakinan, terlebih jika kita berkunjung ke negeri yang mayoritasnya beragama non muslim seperti Korea, membuat kita menemukan kesulitan untuk mencari makanan yang benar-benar halal dan baik. Terlebih lagi perbedaan bahasa yang sering kali menjadi kendala. Semoga informasi berikut ini bisa membantu anda yang akan merencanakan untuk menghabiskan liburan di Korea.

kimchi korea

Kimchi, adalah salah satu jenis makanan tradisional Korea yang berupa asinan sayuran yang difermentasikan dan diberi bumbu pedas. Setelah dicuci dan digarami, sayuran dicampur dengan bumbu pedas yang dibuat dari udang, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai.
Umumnya yang digunakan dalam membuat Kimchi adalah sawi putih dan lobak.
Di Korea, Kimchi dihidangkan sebagai salah satu bumbu pelengkap sup kimchi, nasi goreng kimchi dan berbagai masakan lainnya.

tteokguk korea



Tteokguk, diartikan sebagai adonan kue yang terbuat dari tepung beras yang kemudian disajikan bersama kucai, daging sapi, telur goreng dan disiram dengan kuah kaldu.
Biasanya akan banyak ditemui ketika hari raya Seollal dan hari raya tahun baru Imlek di Korea.




samgyetang korea
Samgyetang, salah satu makanan yang sangat direferensikan karena tidak hanya sekedar mengenyangkan, tapi juga menyehatkan. Karena dibumbui dengan berbagai tanaman herba khas Korea yang sangat bermanfaat untuk terapi pengobatan dan pemeliharaan kesehatan.

Samgyetang adalah sop ayam yang disajikan dalam keadaan utuh satu ekor ayam yang telah dimasak dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 2-3 jam perebusan dengan berbagai bumbu dan herba khas Korea seperti ginseng, kastanye, buah jujuba kering, kacang cemara, bawang, daun bawang dan jahe. 

Karena proses pemasakannya yang sangat lama, maka daging ayam yang disajikan dalam samgyetang ini sangat lunak dan mudah sekali dilepaskan. Belum lagi bumbunya yang meresap hingga daging ayamnya, menambah cita rasa tersendiri.
Seperti halnya sop ayam yang dipercaya oleh sebagian besar orang barat sebagai obat penyembuh dari flu, samgyetang juga dipercaya tidak hanya menyembuhkan tapi juga membantu proses pemeliharaan kesehatan.

seolleongtang korea
Seolleongtang merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari rebusan tulang sapi yang dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga tulang sapi ini berwarna putih, sebuah pertanda bahwasannya kandungan gizi yang terdapat dalam tulang sapi tersebut sudah larut bersama air rebusannya.

Makanan ini berbentuk sup dengan kuah putih dan berisi daging sapi, lobak dan bumbu-bumbu lainnya. Semakin lama direbus, sop ini akan terasa semakin gurih.

Tidak hanya sekedar enak, makanan inipun kaya akan kandungan kalsium yang didapat dari tulang sapi,sehingga lebih menyehatkan dan bisa membantu pencegahan osteoporosis pada tulang.

tteokbokki korea

Tteokbokki, dikenal sebagai jajanan khas korea yang bisa dipadankan dengan jajanan khas Bandung, cilok. Panganan ini banyak ditemui di sepanjang jalan di Seoul, ibu kota Korea.
Awalnya berbahan dasar beras, tapi pada perkembangannya  ada juga yang menggunakan tepung beras dengan bahan-bahan tambahan seperti ikan, telur dan pasta cabai yang memberikan sensasi pedas yang khas.
Saat ini malah banyak yang menjual penganan ini dengan berbagai variasi rasa, seperti keju, sea food dan kecap.



bibimbab korea
Bibimbab, namanya mungkin terdengar lucu dan simple. Namun, tidak sesuai dengan namanya, bibimbab bisa jadi makanan yang paling komplit yang disajikan dalam satu piring. Dalam satu sajian piring bibimbab, kita akan mendapatkan nasi, sayur-sayuran dan daging sekaligus. Bibimbab berarti nasi yang dicampur (Mixed rice). Penyajiannya pun beragam dan yang terkenal adalah “Dolsot Bibimbab, yaitu bibimbab yang disajikan dalam mangkuk batu yang panas. Hal ini dimaksudkan untuk mematangkan kuning telur yang ditaruh diatas campuran nasi tersebut. 

Untuk menambah rasa, biasanya bibimbab disajikan juga dengan gochujang. Sebelum nasi dimasukkan, mangkuk panas terlebih dahulu disiram dengan minyak wijen agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.

Karena sajiannya komplit, otomatis kandungan gizi dari bibimbab juga komplit. Mulai dari karbohidrat dari nasi, protein dari telur dan daging, zat besi dari daging, serat dan vitamin dari sayur-sayuran. Dan masih banyak lagi tentunya disesuaikan dengan campuran yang ada didalam sajian tersebut.
Semoga beberapa menu di atas bisa menjadi panduan informasi yang berguna ketika anda berkunjung dan berwisata ke Korea, sehingga anda tidak hanya sekedar mendapatkan makanan yang halal, tapi juga menyehatkan karena banyak mengandung sayur dan herba-herba yang bermanfaat dalam proses penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh.



2 comments:

adeline said...

saya paling suka topokki.... malahan saya suka bikin sendiri (ala ala indonesia)... beruntung saya dapet banyak panduan cara memasak dr koreantaste.org hehhe

Seilha said...

waah beruntungnya, mungkin bisa dibagi2 resepnya :)

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009