Small Business


Tuesday

Wisata Sejarah Taiwan

Wisata Sejarah
Chiang Kai Shek Memorial Hall


Bingung dengan pilihan liburan keluarga?? Atau bosan dengan pilihan wisata dalam negeri? Ada alternatif pilihan yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam menghabiskan liburan bersama keluarga anda. Anda pasti sudah pernah mendengar Taiwan kan? Sebuah pulau yang sangat indah di Asia Timur yang memiliki sejarah panjang penjajahan, mulai dari Kekaisaran China, Jepang, Belanda hingga Spanyol. Tentu saja penjajahan ini meninggalkan bekas yang teramat dalam bagi seluruh rakyat Taiwan. Namun penjajahan pun meninggalkan berbagai peninggalan budaya, khususnya dalam hal arsitektur bangunan. Penjajahan dari beberapa generasi itu meninggalkan beberapa arsitektur bangunan dan tata kota serta budaya yang menjadi ciri khas Taiwan.
Arsitektur yang paling khas, biasa dilihat dalam arsitektur bangunan kuil, istana dan juga bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Chiang Kai Shek Memorial Hall, sebuah bangunan yang dibangun untuk penghormatan kepada presiden Chian Kai Shek. Bangunan ini menyimpan berbagai peninggalan presiden Chian Kai Shek, berupa foto dan artikel-artikel yang tersusun rapih dalam Museum. Arsitekturnya merupakan perpaduan berbagai gaya, yaitu gaya Belanda pada cat putih yang menjadi dominan dalam gedung ini, ubin berwarna biru. Jika digabungkan, maka kedua warna ini adalah warna bendera China.
Selain Chian kai Shek Memorial Hall, ada juga Chung Tai Chan Maonastery, yang merupakan perpaduan gaya Barat dan China yang dibuat oleh seorang arsitek bernama Li Tsu-Yuan. Tempat ini dibuat pada tahun 1990 dan memuat lebuh dari 1000 patung biarawan.
Berbagai tempat pilihan wisatapun lengkap tersedia di sini, dari taman nasional, kawasan wisata belanja, dan juga wisata kuliner tersedia lengkap di sini. Dan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi para wisatawan adalah Museum Istana Nasional, sebuah galeri seni yang diyakini memeiliki artefak China paling banyak di dunia. Pemandangan alamnya pun tak kalah memukau. Seperti Ali Mountain, yaitu sebuah pegunungan yang terletak di timur laut Jiayi County di provinsi Taiwan. Pegunungan ini memiliki ketinggian 2.663 meter di atas permukaan laut. Memiliki pesona wisata berupa hutan pegunungan yang indah dan bisa dilintasi, panorama sunrise yang amat memukau dan juga pohon Alishan yang menjadi ciri khas daerah ini.Ada juga  danau Cheng ching yang merupakan salah satu objek wisata yang amat diminati oleh para wisatawan mancanegara. Di kawasan ini berdiri sebuah hotel mewah Grand Hotel Cheng Ching Lake. Dimana dari atas balkon kamar kita dapat melihat keindahan alam dari danau Cheng Ching dan keindahan pemandangan kota.
Untuk anda yang menyukai wisata air, Taiwan juga menyuguhkan keindahan Green Island taiwan yang akan memuaskan hasrat berwisata air anda. Green Island terkenal dengan julukan Pulau Api, terletak 33 km dari laut Pasifik dan arah selatan dari Taiwan di bagian timur.
Pulau ini terbentuk akibat dari aktifitas vulkanik yang membuat pulau ini memiliki banyak lembah dan kompleks pantai yang amat indah yang terbentang di sepanjang pulau ini. Green island juga kaya akan habitat laut yang beraneka ragam yang juga akan memanjakan para pencinta olahraga air seperti snorkling, diving dan renang.


Green island juga merupakan rumah bagi 300 lebih species laut dan kaya akan beragam ikan yang memiliki warna yang cerah, sehingga terihat indah di kedalaman laut.Selain itu, pantainya juga terkenal bersih dan indah. Lautnya yang hangat dan bersih juga memiliki terumbu karang yang sangat indah.


Ada juga pesona taman geologi Yehliu yang banyak menarik perhatian para wisatawan asing. Terletak di Wanly, sekitar 1 jam perjaanan dari kota Taipei. Objek wisata ini menawarkan pengalaman unik tersendiri, pengunjung seakan menjadi tokoh Aice yang tersesat di Wonderland, negri yang penuh dengan imajinasi dan serba unik.


Di depan taman geologi ini terdapat jalan setapak yang dikelilingi bentangan batu serupa kebun jamur berukuran raksasa. Di tempat ini wisatawan bak seorang liliput yang dikepung oeh puluhan batu raksasa berbentuk jamur berbatang orange dan berkepaa karang kehitaman. Batu-batu itu terbentang di tepi pantai utara Taiwan yang berbatasan dengan Jepang.


Jika Alice bertemu dengan kelinci di Wonderland, di Yehliu Park Anda bisa bertemu dengan burung laut, gajah, dan gorila raksasa. Mereka berada di dekat ”kebun jahe” yang buah ”jahenya” berukuran sebesar meja bahkan mobil. Anda juga bisa mendapati ”es krim coklat” raksasa dengan gelas leher angsa berwarna putih kekuningan. Ada pula batu berbentuk sepatu peri sebesar kapal nelayan, yang seolah ditinggal tergesa-gesa oleh sang peri di tepi pantai Yehliu. Di sini, sang ratu dalam cerita Alice pun eksis, bahkan menjadi ikon dari geopark itu. Sebuah batu berwarna tembaga setinggi 2 meter membentuk sebuah pahatan alam kepala ratu.

Berbeda dengan ratu hati di dunia Alice yang mengambil simbol kartu remi, ratu di Yehliu lebih mirip ratu Mesir yang ramping. Sang ratu berleher jenjang, dengan lekukan dahi, mata dan bibir, serta bersanggul tinggi. Warna oranye cerah pun membuat sosok sang ratu kian menonjol di antara bebatuan yang lain. Namun, batu siluet perempuan bermahkota ini hanya bisa dinikmati dari sisi kanan saja. Karena itu, dalam berbagai bentuk ikon Yehliu Geopark, sang ratu selalu menghadap ke kanan.

No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009