Small Business


Wednesday

Wisata liburan Keluarga di Jakarta

Pengen nyenengin anak di saat liburan??? Udah pasti setiap orang tua pengennya seperti itu. Apalagi moment liburan akhir tahun, moment yang ditunggu-tunggu sama anak-anak. Untuk yang berkocek lebih sih, no problemo....mau kemana juga hayuk aja....Tapi buat yang cuma "ngepas", heheheh "ngepas buat bayar rumah", "ngepas buat bayar sekolah"....harus mikir 2-3x untuk milih tempat liburan yang "ngepas" juga di kantong.
Coba deh baca review saya, kali aja bisa jadi referensi untuk liburan yang murah meriah. Tempat ini cocok banget buat anak-anak yang suka lari-larian,dan dijamin pulang ke rumah langsung tidur pules gara-gara kecapekan.

Tempat wisata ini terletak di Jakarta Selatan, tepatnya di Ragunan. Yup, bener banget....saya lagi cerita tentang Kebun Binatang Ragunan. Karena jaraknya yang lumayan jauh dari rumah saya, kami sekeluarga sepakat berangkat pagi-pagi. Jam 6 tepat, anak-anak sudah siap, bekal pun dah tinggal diangkut. Jam 6.15  meluncurlah kami sekeluarga dengan armada taksi Burung biru itu. Agaknya lalu lintas pagi masih bersahabat dengan kami, atau karena masih dalam suasana liburan...jalanan begitu lenggang, hingga akhirnya kami tiba di Ragunan jam 7.15. Pagi itu, Ragunan masih sepi. Hanya segelintir orang yang lalu lalang berlari pagi dan bersepeda. Para pedagang pun, masih menutupi dagangannya dengan terpal. Hiks, kayaknya kami kepagian....jangan-jangan loketnya juga belum buka. Huaaaa, malu deh....masak mau bangunin si "Amang"....xixixiix Sampai di loket, ternyata petugasnya masih sarapan. Tapi akhirnya, dia meninggalkan sarapannya dan melayani pembelian tiket kami. Tiket kami beli seharga Rp. 4000/org. Masuk gerbang, petugas yang biasanya merobek tiket pun belum kelihatan. Kandang pertama yang menyapa kami adalah kandang burung Flaminggo, itu loh burung yang kalo di film kartun itu jadi tukang Pos. Kandangnya yang cantik, membuat narsisme kami muncul, foto-foto dulu deh depan kandang....
Perjalanan dilanjutkan ke kandang burung Unta, karena masih pagi, si empunya kandang pun masih ngumpet. Menyusuri trotoar, kami dipandu oleh papan nama hewan. Akhirnya ketemu sama yang punya kandang paling besar,....Apa hayo???? hehehe, Gajah. Anak-anak seneng banget bisa lihat gajah dari dekat, walaupun gak bisa megang.




Dari kandang gajah, kami menuju rumah primata Schmutzer. Di sini, kami melihat berbagai spesies primata. Mulai dari monyet kecil yang suka main topeng monyet, sampai gorila yang besar. Anak-anak kelihatan senang dan menikmati, meski kadang takut juga, karena suasananya....ehmm... hutan banget.
Keluar dari Rumah Primata Schmutzer, kami beristirahat sebentar. Karena sudah lelah berjalan kaki, tapi masih ingin berkeliling kandang...akhirnya kami memutuskan untuk naik kereta wisata berkeliling. Harga tiketnya Rp. 6000/org sekali jalan berkeliling kebun binatang.
Puas berkeliling, kami makan siang di taman. Taman ini cukup rimbun dan luas, pas banget buat anak-anak main bola atau sekedar berlari-larian. Jangan kuatir kalo lupa bawa tiker, karena di dalam ataupun di luar bonbin, banyak pedagang yang menawarkan alas duduk dari potongan karung dan kertas tebal yang dijahit dan dilem dengan rapih. Harganya pun gak mahal, hanya Rp. 5000 untuk tiap lembar ukuran 1 m x 1 m. Cukuplah untuk sekedar duduk lesehan dan menaruh bekal makan siang.
Tapi satu kekurangan dari tempat wisata ini adalah toiletnya yang kurang terawat.....jadi kl ada butuh untuk ke toilet, bersiaplah dengan masker dan uang receh yah...


No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009