Small Business


Tuesday

Mesir, Wisata Peradaban Manusia


Kalo denger nama kota ini....kadang suka takjub sekaligus gerrrr syerem....karena kota ini menurut saya, banyak menyimpan saksi sejarah peradaban manusia di ribuan tahun silam. Adapula perjalanan sejarah Musa yang juga meninggalkan bukti sejarah di Mesir, semua adalah awal dari peradaban manusia dalam membangun pemikiran tentang konsep ketuhanan. Sebuah sejarah panjang yang tak pernah lekang oleh waktu. Sejarah yang seharusnya membuat manusia menjadi lebih berpikir tentang kebesaran dan keagungan Tuhan. Berkunjung ke kota ini
Diantara bukti sejarah yang juga menjadi tempat wisata dunia itu adalah:
 
1.      Gunung Sinai.
 
Gunung ini adalah tempat Nabi Musa menerima wahyu 10 perintah Tuhan yang ditujukan kepada bangsa Israel. Gunung ini adalah puncak tertinggi dari kota Saint katherine’s dan terletak di Semenanjung Sinai, dikenal juga dengan sebutan Jabal Musa.
Di kaki gunung ini, pada tanggal 4 Februari 1859 Konstantin Von Tieschendof menemukan sebuah manuskrip Perjanjian Lama dari Abad ke 4.
Gunung ini menjadi tempat bersejarah bagi umat Islam, Yahudi dan Israel. Di gunung ini juga terdapat kapel Musa.

2.     Karnak.

 Adalah sebuah kompleks kuil, yang berupa reruntuhan kuil-kuil kecil. Karnak ini juga merupakan bukti sejarah adanya kemajuan peradaban manusia. Diperkirakan Karnak ini dibangun sebagai kuil pemujaaan di jaman Raja Fir’aun.

3.   Sharm El-Sheikh

 
Yaitu sebuah kota wisata di Mesir yang memiliki letak strategis menghadap ke arah teluk Tiran dan teluk Aqaba. Di kota ini adalah syurganya wisata air, pengunjung bisa menikmati snorkeling atau diving di wisata bawah lautnya yang masih indah. Di Sharm el Sheikh, kita juga bisa melihat gunung Sinai dan Naama bay dengan jelas. Di sini juga tersedia lapangan golf bagi para wisatawan yang ingin berolahraga sekaligus berwisata alam.

4.      Hurghada

 Adalah sebuah kota yang terkenal dengan pantai dan pasir putihnya yang indah. Hurghada terletak di Teluk Merah dan terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih terjaga. Hurghada juga terkenal sebagai pusat olahraga air internasional, seperti selancar, menyelam dan berlayar.
Karena wisata airnya yang sangat bagus dan berkembang, di tempat ini pun banyak terdapat penginapan dan hotel-hotel.

5.      Sungai Nil
 
Sungai Nil

Sungai Nil merupakan sebuah legenda panjang sejarah peradaban manusia. Sungai Nil terkenal sebagai sungai terpanjang di Mesir dan banyak memiliki nilai sejarah. Di Sungai inilah Nabi Musa dihanyutkan oleh ibunya untuk menghindari kekejaman Fir’aun. Tapi justru malah ditemukan oleh Istri Fir’aun.
Sungai Nil adalah hadiah bagi bangsa Mesir, karena segala kegiatan masyarakat Mesir berpusat di sini. Mulai dari perdagangan, wisata, perekonomian, perikanan dan sebagainya.


6.      Luxor
 
Sebuah kota kuno yang banyak memiliki situs sejarah Mesir kuno yang terletak di Heliopolis Selatan. Di kota ini banyak terdapat reruntuhan kuil ataupun makam-makam dari para raja Mesir jaman kuno dulu. Aktivitas perekonomian masyarakat Luxor amat bertumpu pada kegiatan pariwisata.


7.      Laut Merah.
 
Laut Merah, masih juga terkait dengan sejarah Nabi Musa. Di Laut ini, dikisahkan bahwa ketika Fir’aun mengejar Nabi Musa dan ummatnya, Nabi Musa mengangkat tongkatnya dan terbelahlah Laut Merah itu menjadi dua, sehingga ia dan ummatnya dapat menyebrangi Laut Merah untuk menghindari kejaran Fir’aun. Di kisahkan pula, bahwasannya Fir’aun akhirnya tenggelam di Laut ini. Kemudian jasadnya ditemukan utuh setelah berabad abad silam sebagai bukti sejarah tentang kebesaran dan keagungan Tuhan.
Di Laut Merah ini banyak ditemui keanekaragaman hayati yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.


8.      Alexandria.
 
Sebuah Kota kuno yang amat indah, di sini bisa kita temui Spinx dan teather Romawi kuno yang amat terkenal di dunia. Alexandria merupakan kota pelabuhan yang sangat indah dan merupakan kota terbesar kedua setelah Kairo.
Di Alexandria juga terdapat sebuah perpustakaan besar yang terkenal. Perpustakaan ini menyimpan banyak buku yang menjadi dasar keilmuan manusia saat ini.
Di Alexandria ini pula sebagian besar ilmuwan-ilmuwan  besar mengembangkan pemikiran dan menghabiskan sisa hidup mereka, diantaranya adalah Euclides, Archimedes, Erathostenes dan lain-lain.
Perpustakaan inipun pernah dibakar oleh tentara Julius Caesar ketika pasukannya berusaha menaklukan kota ini. Namun setelah itu, Julius Caesar memohon maaf atas tindakan barbar dari pasukannya dan kemudian mengirimkan 200.000 buku sebagai hadiah kepada Cleopatra. Yang kemudian kisahnya menjadi sebuah kisah cinta yang terukir dalam sejarah Mesir.

9.      Kairo
 
Dikenal sebagai Kota terbesar dan terpadat di Afrika, merupakan pusat ilmu pengetahuan Islam di dunia. Dijuluki sebagai kota seribu menara, karena memiliki banyak masjid yang memiliki dua menara. Di Kairo juga terdapat sebuah universitas terbesar dan tertua di dunia, yaitu Universitas Al Azhar.


10.  Piramid atau Sphinx.
 
 Sphinx

Piramid atau Sphinx adalah makam raja Mesir kuno. Di dalamnya terdapat Mummi, yaitu jasad seorang raja Mesir yang diawetkan dan di simpan dalam peti-peti.




No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009