Small Business


Thursday

Dataran Tinggi Dieng

    Dataran Tinggi Dieng Objek  Wisata Dieng ini berada di perbatasan kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjar negara. Terletak di sebelah barat Gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Kira-kira 2000 m diatas permukaan laut, memiliki suhu udara kurang lebih 15’—20’ C di siang hari, sedangkan di malam hari suhu udara mencapai 10’C. Seperti halnya dataran tinggi tengger, dataran tinggi Dieng tergolong dataran vulkanik aktif dengan aktifitas vulkanik dibawah permukaan. Di dataran tinggi ini banyak ditemukan kawah-kawah yang merupakan sumber letupan gas dan uap gas, serta material vulkanik lainnya. Kata Dieng, berasal dari bahasa Kawi, “Di” yang berarti tempat dan “Hyang” yang berarti Dewa atau Leluhur. Jadi secara bahasa, Dieng berarti suatu tempat di puncak gunung yang merupakan tempat bersemayamnya para dewa. Adapun objek wisata yang menjadi favorit adalah;



1. Kawah Sikidang,  
Kawah ini adalah salah satu kawah yang ada di dataran tinggi Dieng, selain kawah Sileri, Kawah Si Banteng dan Kawah Candradimuka. Kawah ini memiliki keunikan, yaitu memiliki banyak lubang gas yang menyemburkan gas secara bergantian dari satu lubang ke lubang lainnya, meskipun jarak antar lubang berjauhan. Penduduk menyebut aktifitas ini seperti larinya seekor kijang, sehingga disebutnya kawah Sikidang. 


kompleks Candi Arjuna Sesuai dengan namanya, yang merupakan tempat bersemayamnya para dewa, di kawasan ini banyak terdapat candi-candi peninggalan agama Hindu dari abad ke VII- tahun 809 M. Diantaranya yaitu, Candi Gathotkaca, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Setyaki, Candi Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati. Candi-candi tersebut merupakan bukti sejarah kemajuan arsitektur Hindu. 

3. Telaga Warna. 
Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki warna yang indah yang dihasilkan dari perpaduan sulfur dan material vulkanik lainnya. Sehingga berwarna kuning kehijauan. Dan dikelilingi oleh pohon pinus, membuat pemandangan alam telaga warna semakin menarik untuk dikunjungi ketika wisata keluarga. Telaga warna ini terletak berdampingan dengan telaga Merdada dan telaga Pangilon.
Telaga Warna.

No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009