Small Business


Thursday

Wisata Muslim China

Menghabiskan liburan bersama keluarga di negeri tirai bambu, menapak tilasi berbagai peninggalan bersejarah dan menikmati keindahan panorama alamnya pasti sudah biasa banget. Tapi kalau wisata sejarah mengunjungi peninggalan bersejarah agama  Islam, pasti membawa kesan tersendiri, Mari kita riview Wisata muslim china

paket wisata beijing
Masjid Xiao Tao Yuan
Masjid Xiao Tao Yuan , masjid ini terletak di kota Shanghai. Seperti yang ditulis dalam sejarah, Islam sudah berkembang di sekitar Shanghai di awal Dinasti Sung dan Tang, namun berkembang dengan pesat pada masa dinasti Yuan dan kemudian mengalami kejayaan pada masa dinasti Ming. Masjid ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1917. Pada awalnya masjid ini sangat kecil, kemudian mengalami renovasi pada tahun 1925  hingga bentuknya seperti sekarang ini.
Menurut sebuah prasasti, masjid Xiao Tao Yuan ini pada abad ke 20 menjadi semacam transit point untuk jamaah haji yang akan berangkat dari China menuju Tanah Suci, Mekkah. Mereka diberangkatkan dari pelabuhan Shanghai menuju Jeddah.
Masjid ini dikenal sebagai masjid yang romantis, karena di samping memiliki sebuah bangunan masjid utama, masjid ini pun memiliki masjid yang dikhususkan untuk kaum perempuan saja, yang diberi nama  Masjid Xiao Tao Yuan Lil Nisaa, atau dalam bahasa inggrisnya Xiao Tao Yuan for women.
Yang berjarak kurang lebih 20 meter di sebelah kanan Masjid Xiao Tao Yuan yang utama. Di Masjid ini hanya kaum perempuan yang boleh masuk, dan kaum laki-laki tidak diperkenankan masuk dengan alasan apapun.

paket wisata muslim
Masjid Song Jiang
Masjid Songjiang, merupakan satu masjid yang tertua di Shanghai. Terletak di jalan Gangbeng, Zhongshanzhonglu. Dibangun pada zaman Dinasti Yuan, tahun 1341 sampai 1367. Masjid ini masih menyimpan keunikan dan kekhasan zaman purba dan gaya tradisionalnya. Di masjid ini juga disediakan kawasan pekuburan yang menjadi ciri khas masjid-masjid di masa dinasti Yuan dan dinasti Ming dalam sejarah China.
Di kawasan masjid ini juga terdapat empat batu bersurat kuno yang mencatat sejarah masjid dan proses projek memperbaiki masjid ini pada zaman Dinasti Ming dan Qing. Masjid ini boleh dikatakan sebagai tapak sejarah yang penting bagi interaksi tamadun China dengan dunia Arab.
Halaman masjid ini dikelilingi sebuah tembok yang menyerupai seekor naga yang disebut sebagai “Tembok Naga”. Tembok ini diukir menyerupai naga dengan bentuk yang halus dan cantik. Bangunan Masjid ini sangat khas tradisional China bagian selatan pada zaman kuno.
Ruang utama masjid yang biasa digunakan untuk sholat berbentuk menyerupai istana tradisional China dan terletak di sebelah barat masjid tersebut. Di sebelah selatan, terdapat tempat untuk berwudhu, sedang podium tempat imam menyampaikan ceramah terletak di sebelah utara masjid ini.

travel muslim
Area pertama Masjid Agung Xi'an
Masjid Agung Xi’an, menjadi salah satu bagian sejarah Islam di China. Karena masjid ini merupakan masjid yang pertama dibangun di China sekitar abad ke 8 masehi. Tepatnya sekitar tahun 742 pada zaman Dinasti Tang (618-907) di tahun pertama pemerintahan kaisar Tian Bo. Bentuknya lebih menyerupai kuil daripada sebuah masjid pada umumnya, karena itulah menjadi salah satu masjid dengan design arsitektur paling unik di dunia. Sehingga pada tahun 1988 pemerintah China menetapkan sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di China. Masjid agung Xi’an berdiri di area seluas 12.000-13.000 m2, dan memiliki luas bangunan lebih dari 6.000m2. Areal masjid berbentuk empat persegi panjang yang memanjang dari timur ke barat dan terbagi menjadi empat area.-


travel ke china
salah satu dekorasi dalam masjid Xi'an
Area pertama adalah sebuah gerbang kayu setinggi  9 m yang dibuat pada abad ke 17, berhadapan dengan sebuah tembok yang sangat lebar dengan dekorasi ukiran tanah liat serta dihiasi atap dari tumpukan genting mengkilap. Pada kedua sisinya dihiasai perabot antik yang sangat berharga buatan jaman dinasti Ming dan Qing.
Area kedua adalah tiga pintu batu yang saling berhubungan dan berpilar empat. Para pengunjung biasanya dipersilahkan melewati area ini. Pada puncak pintu pertama, para pengunjung disambut dengan tulisan “The court of The Heaven” atau Taman Syurga.  Area ini dikelilingi oleh tembok bau yang berukir indah dengan dua lintasan di dua sisinya. Dan di belakangnya berdiri dua meja batu berukir naga. Keduanya sekaligus sebagai prasasti yang menjelaskan bahwa perbaikan masjid dilakukan pada tahun 1384 di masa pemerintahan kaisar di jaman Dinasti Ming dan Qing.
Di Area ketiga terdapat ruang kekaisaran yang merupakan bangunan tertua di kompleks ini.  Di tengah halaman berdiri menara yang menyerupai pagoda dengan tiga susun atap yang berwarna tosca yang dinamakan “Introspection Minaret” atau Menara Introspeksi, tempat muadzin mengumandangkan adzan. Sedangkan di sebelah Selatan ada ruang untuk menerima tamu dan tempat diletakkannya Al-Quran tulisan tangan yang dibuat pada zaman dinasti Ming beserta sebuah peta tanah suci Mekkah yang berasal dari jaman dinasti Qing.
Area keempat merupakan area terbesar, yang digunakan untuk sholat berjamah. Jama’ah yang bisa ditampung pada area masjid ini bisa mencapai 1000 orang. Area ini dihiasi oleh pahatan kayu yang berisikan ayat-ayat al qur’an lengkap dengan huruf China dan Arab.(fwk/dr/512)

-- Ingin wisata ke China, Silahkan Buka artikel paket wisata china

No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009